23 Jan 2015

Cara Menyelenggarakan Festival Musik

Cara Menyelenggarakan Festival MusikAjang perlombaan merupakan wadah penyaluran bakat dan minat khususnya kaum muda mengekspresikan diri. Cara Menyelenggarakan Festival Musik - adalah salah satunya. Dengan tidak melihat dari segi kegiatan yang diadakan, melainkan bagaimana kegiatan tersebut dapat menjembatani dan meningkatkan kreatifitas mereka. Terutama menumbuhkan rasa kebersamaan dan solidaritas di antara generasi muda yang kian hari semakin bergeser dari nilai-nilai budaya bangsa. Jangan hanya tinggal diam melihat perubahan-perubahan yang mungkin diakibatkan karena kurangnya perhatian kepada mereka. Tawuran antar pelajar/genk, mati dan dikerumuni semut karena sakaw di dalam kamar, mudah diracuni oleh ideologi ataupun pemahaman yang rentang dari penyesatan. Karena itu salah satu unsur penting yang memerlukan penanganan secara dini. [Foto/Google search]

Berikut beberapa informasi dasar apabila Anda ingin membuat event perlombaan. Apakah itu berupa lomba Band Musik Rock, Unplug (Accoustic Guitar), Fashion Show dan sebagainya. Memadukan dua lomba atau lebih dalam satu event akan lebih baik. Dengan begini pengunjung/penonton bukan dari kalangan muda saja.


Mengadakan event-event perlombaan, tidak semudah menjelaskan dalam bentuk tulisan maupun ucapan. Kesemuanya memerlukan tindakan konkrit dalam mengimplementasikan planning serta schedule, agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan apa yang diharapkan.

Jenk aLdini Oretz

Adajalan
Anggaran Kegiatan

Menyusun rincian Anggaran kegiatan seperti Atribut-Atribut Kesekretariatan dan Publikasi. Menyiapkan alat band + sound system, dekorasi panggung (lokasi kegiatan), honorarium tim juri, aparat keamanan, trophy + piagam + plakat + uang tunai bagi peserta pemenang lomba (Juara Band, Best Player; Vokal, Bassist, Drummer, Guitar dst), menghadirkan bintang tamu jikalaupun ada dari band terkenal. Dan biaya tak terduga 20 persen dari total keseluruhan rancangan anggaran biaya (RAB).

Sponsor

Membuat proposal anggaran yang dikelompokkan/disesuaikan dengan calon sponsor. Yakni, ada Sponsor Tunggal yang mendanai keseluruhan kegiatan dan ada Sponsor Utama yang menanggung biaya pelaksanaan kegiatan sebesar 50 persen dari RAB. Jika Anda mendapatkan sponsor utama, maka Anda mesti mencari calon Sponsor Pendamping dan Sponsor Pendukung untuk menutupi sisa anggaran biaya kegiatan. Untuk mendatangi calon sponsor-sponsor khusus, perhatikan bulan promosi calon sponsor tersebut.

Bagaimana Pula Jika Tidak Ada Sponsor?

Mungkin ini yang menjadi kendala tersendiri, karena Anda mesti bergerilya mencari dana. Namun dapat disiasati; pelaksanaan perlombaan, Anda sesuaikan saja dengan hari-hari khusus. Misal, Hari Kemerdekaan RI, Hari Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan ataupun momentum Hari Jadi Kabupaten/Kota Anda. Selanjutnya, lobi petinggi-petinggi daerah Anda. Apakah itu Bupati, Walikota, Gubernur, Dandim, Danrem, Kapolres, Kapolda, bahkan Presiden sekalipun.

Jelaskan maksud dan tujuan kegiatan, sekaligus bermohon/meminta kesediaan petinggi tersebut, bahwa kegiatan lomba Festival Musik yang nantinya Anda selenggarakan, trophy-nya mengatasnamakan nama mereka. Maka, pengumpulan dana dengan mudah didapatkan.

Tapi sebelum Anda mendatangi petinggi ini, terlebih dahulu Anda harus mengirim telik sandi untuk mengetahui agenda harian petinggi tersebut. Dan yang terakhir yang mungkin sering diabaikan, yaitu saat melobi maupun mendatangi petinggi-petinggi ini, jangan lupa sertakan pula Jenk aLdini Oretz (cewek cantik; macan). Karena kebanyakan dari petinggi daerah itu adalah seorang laki-laki (pasti Anda sudah paham maksudnya). Pria mana yang tidak luluh hatinya lihat wanita cantik seperti Mba Nove (+Nove Hasanah/Indonesia), Teh Cantik (+Santika Fadilah/Indonesia) dan Kak Fidah (+Fidah shah/Malaysia)..! huhuhuhu.. Rock On..!